Kamis, 18 April 2013

Wakil Bupati Purworejo Resmikan KSBM Senilai Rp 436 Juta


PURWOREJO, Wakil Bupati Purworejo, Suhar, meresmikan kegiatan Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat (KSBM) Tahun 2012, yang dipusatkan di Desa Gebang Kecamatan Gebang, Selasa (16/4). Kegiatan KSBM yang berasal dari Kementerian Sosial RI itu bernilai Rp 436 juta, yang diterimakan untuk empat desa/kelurahan yaitu Desa Gebang, Desa Bulus, Desa Benowo dan Kelurahan Keseneng.

Wakil Bupati mengungkapkan pihaknya merasa bersyukur karena Kabupaten Purworejo tak henti-hentinya menerima kucuran bantuan dari Pemerintah Pusat, dalam berbagai bentuk program dan kegiatan. Salah satunya bantuan dari Kementerian Sosial RI melalui Program Keserasian Sosial Berbasis Masyarakat.

Menurutnya, kegiatan keserasian sosial berbasis masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan untuk membantu meredam potensi bencana sosial di masyarakat. Pasalnya kegiatan ini memberikan peluang besar kepada masyarakat untuk melaksanakan perannya sebagai perencana, pelaksana dan pengendali kegiatan secara mandiri.

Program ini bertujuan menumbuhkan semangat kebersamaan, persaudaraan sejati, senasib sepenanggungan dan kesetiakawanan sosial dalam masyarakat. Keserasian sosial merupakan bentuk implementasi dari pemikiran bahwa nilai-nilai luhur atau nilai–nilai kebersamaan akan berkembang kembali, jika ada upaya untuk membaurkan masyarakat secara sosial budaya berbeda dalam suatu kebersamaan yang direncanakan.

“Oleh karena itu, saya juga berharap kepada seluruh desa yang menerima bantuan ini, agar terus berupaya menumbuhkan semangat membangun, semangat gotong royong agar cita-cita pembangunan di desanya dapat terwujud dengan baik. Mari kita pupuk semangat kebersamaan antarwarga, perkuat kerukunan, perkokoh persatuan dan kesatuan,” harapnya.

Sumber : PurworejoNews