Selasa, 02 Oktober 2012

Resensi Buku Non-Fiksi



Amalan Mudah Menuju Surga 



Judul Buku : 40 Jalan Mudah Menuju Jannah
            Judul Asli   : The Forty Pathways to Jannah
            Penulis       : Sheikh Khalid Sayyid Ali
            Penerjemah: Ahmad Asnawi, S.Pd
            Cetakan     : I, 2010
            Tebal Buku : ix + 135 Halaman
            Penerbit     : LOCUS

Surga atau Neraka ? itulah tempat terakhir kita semua setelah berakhirnya kehidupan di dunia. Surga diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki banyak amalan-amalan kebaikan. Tentu setiap orang ingin masuk surga, bukan ? Surga digambarkan oleh Allah SWT sebagai adalah tempat yang sangat nyaman dan indah lebih dari keindahan di dunia. Abdullah bin Amr bin Ash ra meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Ada empat puluh amalan, yang paling tinggi adalah menghadiahkan seekor kambing. Tidak ada seorang pun yang mengamalkan salah satu dari amalan-amalan ini untuk mendapatkan pahala dan dengan keyakinan sempura atas janji Allah kecuali akan memasukkan dia ke Surga.” Selain itu Rasulullah SAW juga bersabda, “Barangsiapa menghafalkan 40 hadits demi kepentingan agama umatku, akan dibangkitkan oleh Allah pada hari kiamat sebagai orang Alim sedangkan Aku akan menjadi saksinya dan memberikan syafaat untuknya.”                                         
Buku yang mengulas mengenai 40 amalan tersebut adalah buku ’40 Jalan Mudah Menuju Jannah’. Buku yang diterjemaahkan Ahmad Asnawi, S.Pd dengan judul asli ‘The Forty Pathways to Jannah’ ini menguraikan 40 amalan yang menjadikan seseorang masuk surga. Empat puluh nasihat/amalan ini bertujuan untuk memperlihatkan kesedihan yang dialami Rasulullah SAW dalam membimbing umatnya ke arah amal-amal saleh. 40 amalan tersebut diuraikan satu per satu dengan penjelasan dan berbagai hadits.
Buku ini sangat menarik untuk dibaca. Dengan cover buku yang dilengkapi illustrasi sesuai judul, sehingga menarik minat pembaca. Selain itu untuk mempermudah pembaca mengetahui isi dari buku ini. Berbagai amalan yang disebutkan dilengkapi uraian singkat dan berbagai hadits. Selain itu bahasanya ringan dan komunikatif sehingga mudah dicerna pembaca. Ukuran font huruf juga memadai. Buku ini juga berukuran saku sehingga mudah dibawa ke mana saja. Di sisi lain, buku ini akan kurang menarik bagi anak-anak karena tidak adanya illustrasi gambar pada setiap uraiannya.
Buku tulisan Sheikh Khalid Sayyid Ali ini dikemas dengan bahasa yang ringan dan komunikatif sehingga tidak terkesan berlebihan. Cover buku yang sesuai dengan judul sehingga dapat menarik minat orang untuk membacanya. Uraian setiap bab-nya tidak bertele-tele, sehingga lebih mudah dipahami. Mungkin, buku ini kurang cocok untuk anak-anak karena tidak adanya illustrasi gambar dalam setiap uraiannya.
Jadi, setiap amalan sekecil apapun tentu akan mendapatkan balasan dari Allah SWT. Marilah kita motivasi diri kita untuk lebih banyak melakukan amalan-amalan kebaikan. Semakin banyak amalan kita, semakin besar pula nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita. Buku ini sangat patut dibaca karena memotivasi kita untuk mengamalkan hal-hal kebaikan untuk menggapai surga, karena kebaikan itu adalah jalan mudah menuju jannah.